Cara Budidaya Hidroponik Vertikultur dalam Ruangan

Cara Budidaya Hidroponik Vertikultur dalam Ruangan

Urbanina.com – Berkebun merupakan aktivitas yang menyenangkan. Pergunakan waktu senggang Anda untuk merawat beragam tanaman obat-obatan (jamu), buah-buahan, atau tanaman hias sehingga dapat menjadikan hidup Anda lebih berguna. Keadaan rumah pun bisa terlihat lebih asri dan segar. Namun, bagaimana bila Anda tidak mempunyai lahan yang memadai atau cuma sebuah area kecil di halaman rumah? Sedangkan keinginan untuk menanam tanaman besar sekali. Apabila memang begitu menanam tanaman dengan teknik hidroponik vertikultur dalam ruangan merupakan langkah yang tepat untuk bercocok tanam dengan lahan yang terbatas.

Siapa saja masih bisa menanam dengan cara hidroponik vertikultur dalam ruangan diantara aktivitas rutin setiap harinya. Hidroponik vertikultur adalah pilihan yang tepat untuk pertanian dengan lahan terbatas. Menanam tanaman secara hidroponik vertikultur dalam ruangan adalah sebuah teknik dalam pertanian di mana cara menanamnya dilakukan dengan pola bertingkat. Mengolah lahan dengan memakai sistem ini tidak berbeda jauh dengan penanaman tanaman seperti di lapangan atau taman. Tetapi ada nilai lebihnya yang dapat diperoleh yakni dengan lahan minimal kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Hidroponik Vertikultur dalam Ruangan [ ]

Desain Bangunan/Rak

Masalah ukuran dan model bergantung pada daya cipta Anda sendiri. Rak dibuat sedemikian rupa sehingga dapat memuat banyak tanaman. Biasanya membentuk segitiga, persegi, atau bentuk menyerupai tangga beserta satu set rak. Yang terpenting ialah kuat dan gampang bergerak/dipindahkan.

Beberapa pot bunga bisa ditempatkan di rak. Anda juga dapat memanfaatkan botol air mineral bekas, bekas minyak pelumas, kaleng cat dan lain-lain. Rak dapat diletakkan di mana saja sesuai keinginan Anda. Hanya saja  upayakan kerangka rak dibentuk lebih tinggi guna menghindari tanaman tergenang air.

Jenis Tanaman

Disamping tanaman hias, tanaman obat-obatan pun amat baik untuk dibudidayakan dalam sistem/teknik ini. Tak cuma itu, kombinasi tabulampot akan menjadikan isi dari “kebun” kita menjadi lebih padat dan bervariasi. Kaleng cat besar atau drum bisa menjadi salah satu sarana untuk wadahnya. Anda bisa mengatur peletakannya di samping rak.

Hidroponik vertikultur dalam ruangan cocok sekali untuk menanam tanaman semusim, misalnya sayuran. Selain tidak sulit untuk menanamnya, kita pun dapat memanen hasilnya dengan cara langsung memetiknya dari pohon.

Perawatan

Apabila Anda memelihara dan memperlakukan mereka dengan baik dan ulet pasti hasilnya akan memuaskan sehingga dapat dipasarkan sebagai income. Pada umumnya dalam pertanian indoor hasil panennya lebih ramah lingkungan dan lebih sehat sebab tidak menggunakan pestisida berbahan kimia.

Beberapa hal penting yang harus dilakukan dalam perawatan bertanam hidroponik vertikultur dalam ruangan diantaranya:

  • Setiap pagi siram tanaman secukupnya.
  • Setiap hari tanaman bisa mendapatkan penuh sinar matahari.
  • Cabang dan daun-daun yang rusak serta rumput liar dibuang secara rutin.
  • Lakukan pemupukan dengan pupuk organik/kompos kira-kira 2 minggu sekali (secara berkala).
  • Anda bisa membuat sendiri pupuk alami dari sampah dapur, seperti sisa-sisa makanan, kulit buah, rumput liar, kertas, dedaunan, atau potongan sayuran dengan menguburnya di tanah tempat tanaman ditanam atau menjadikannya sebagai kompos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *