Aplikasi Smartphone Terbaik Untuk Kebun Hidroponik

Aplikasi Smartphone Terbaik Untuk Kebun Hidroponik

Urbanina.com – Membudidayakan tanaman dengan metode hidroponik tentunya membutuhkan skill dan pengetahuan yang baik. Setiap orang yang ingin membudidayakan tanaman dengan metode ini harus mengetahui dasar-dasar ilmu menanam hidroponik termasuk teknologi yang digunakan dalam sistem tersebut, teknologi aplikasi smartphone misalnya. Untuk menghasilkan panen yang memuaskan tentunya semua faktor pendukung pertumbuhan harus diperhatikan dan dikontrol dengan baik termasuk nutrisi, pH, suhu, intensitas cahaya dan lain sebagainya. Sistem hidroponik yang baik tentunya memenuhi segala kondisi dan faktor yang dibutuhkan tanaman tersebut.

aplikasi smartphone

Untuk mengontrol pertumbuhan tanaman yang ditanam pada perangkat hidroponik maka pembudidaya harus lebih teliti dan jeli terutama jika tanaman diproduksi dalam jumlah besar atau untuk tujuan komersial. Untunglah saat ini teknologi sudah berkembang dengan pesat dan segala hal yang menyangkut hidroponik dapat dipelajari dari internet. Apapun yang anda butuhkan dan ingin anda ketahui dapat diketahu dengan mengakses internet dan tidak hanya itu, saat ini sudah tersedia berbagai aplikasi pada smartphone yang dapat membantu memantau dan memperhatikan tanaman yang tumbuh dengan sistem hidroponik.

Aplikasi Smartphone untuk kebun hidroponik

Saat ini ada banyak aplikasi smartphone yang didesain untuk membantu para pembudidaya atau mereka yang hobi berkebun dengan menggunakan sistem hidroponik. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat membantu mengontrol, memonitor dan mempertahankan sistem dalam keadaan yang optimal, sehingga setidaknya bisa mengurangi beban dan pikiran pembudidaya terutama menyangkut masalah tanaman. Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang dapat anda gunakan untuk mendukung kelangsungan kebun hidroponik anda.

  1. Aplikasi untuk memilih tanaman

Beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk memilih jenis tanaman yang tepat untuk ditanam dalam kebun hidroponik antara lain

  • Pocket garden

Aplikasi smartphone ini dirancang untuk mencari jenis tamanan apa yang tepat untuk ditanam di kebun hidroponik yang akan anda bangun. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga membantu pemula untuk mengetahu bagaimana cara menyemai dan memanen beberape jenis tanaman.

 

 

 

 

  • When to plant

Aplikasi ini berisi data berbagai jenis tanaman yang dapat digunakan untuk kebun hidroponik anda. Data tanaman mencakup jenis tanaman dan sesuai dengan namanya aplikasi ini memberitahukan waktu yang tepat untuk menanam tanaman jenis tertentu.

 

  • MQ Green Thumb

Aplikasi ini dirancang untuk memonitor dan merancang kebin hidroponik dari awal hingga akhir. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga akan membantu anda untuk memilih lokasi yang tepat untuk menanam tanaman berdasarkan jenis tanaman yang dipilih dan intensitas cahaya yang dibutuhkan.

 

  1. Aplikasi untuk memonitor pertumbuhan

Selain aplikasi untuk memilih jenis tanaman, tersedia juga beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk memonitor pertumbuhan tanaman, diantaranya

  • Perfect hydroponics

 

Suatu aplikasi yang dirancang untuk mencatat perkembangan dan pertumbuhan tanaman berdasarkan kondisi dan perlakuan. Catatan ini nantinya dapat berguna untuk mengatur pertumbuhan tanaman pada masa tanam selanjutnya.

 

  • Grolog by Grodan

Aplikasi ini berfungsi layaknya asisten kebun yang mencatat segala kondisi kenun setiap waktu dan memberikan alarm pada pembudidaya jika diperlukan untuk mengontrol sesuatu pada waktu tertentu.

 

  • HID Gardener

Aplikasi ini merupakan dokumentasi yang mencatat produktivitas dan pertumbuhan tumbuhan yang ditanam dalam ruangan atau indoor hydroponics. Pembudidaya dapat menambahkan catatan pada aplikasi ini untuk merekam siklus pertumbuhan tanaman.

 

  1. Aplikasi untuk merawat tanaman

Selain memonitor pertumbuhan, beberapa aplikasi juga diciptakan untuk mengatasi masalah pada tanaman, seperti aplikasi berikut ini

  • Plant Doctor

Aplikasi ini berisi data yang memuat tanda-tanda atau gejala penyakit yang terjadi pada tanaman dan memberikan petunjuk bagaimana cara mengatasi gejala tersebut.

 

  • Garden Compass

Tidak seperti aplikasi lain, garden compass adalah salah satu aplikasi yang cukup interakif dimana anda dapat memfoto gejala abnormal pada tanaman dan mengkonsultasikannnya pada para ahli tanaman atau pakar hidroponik. Mereka akan membantu mengidentifikasi gangguan apa yang terjadi pada tanaman dan memberikan solusi bagaimana cara mengatasinya.

Jadi, anda tidak perlu bingung lagi jika terjadi masalah pada tanaman. Jangan ragu untuk menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *