5 Jenis Tanaman Sayur Yang Bisa Tumbuh Kembali

5 Jenis Tanaman Sayur Yang Bisa Tumbuh Kembali

Urbanina.com – Seperti yang kita tahu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran diantaranya dengan menghemat belanja sayuran yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan menanam sayuran sendiri dirumah. Menanam tanaman sayur bisa dilakukan dengan berbagai metode mulai dari metode hidroponik tanpa menggunakan tanah, metode tanam organik, maupun metode tanam lainnya sesuai dengan kemampuan. Terkadang beberapa orang beralasan tidak memiliki waktu untuk menanam dan merawat tanaman sendiri dirumah. Jika demikian, Anda bisa mencoba menumbuhkan kembali sisa sayuran yang tak terpakai dan tidak perlu merawatnya secara intensif, tanaman dapat tumbuh dengan sendirinya. Lantas jenis tanaman sayur apa saja yang bisa ditumbuhkan kembali dan bagaimana caranya? Ikuti langkahnya berikut ini.

tanaman sayur

  • Bokcoy

Tamanan sayur yang masih satu keluarga dengan tanaman sawi ini bisa tumbuh dengan sendirinya jika diletakkan dalam wadah. Caranya mudah saja, letakkan bagian pangkal batang bokcoy yang telah dipotong dalam sebuah mangkuk yang telah diisi air, tapi jangan mengisinya hingga penuh. Biarkan tanaman tumbuh akar selama beberapa hari, dan jangan lupa ganti air dua hari sekali. Setelah akarnya tumbuh, bibit tanaman bokcoy dapat dipindahkan kedalam pot atau wada yang berisi tanah.

  • Kubis

Kubis adalah salah satu tanaman yang bisa ditumbuhkan kembali dengan mudah. Caranya mudah saja, letakkan pangkal kubis yang sudah tidak terpakai pada sebuah wadah atau mangkuk yang telah diberi sedikit air. Letakkan wadah tersebut ditempat yang terkena cahaya matahari misalnya disisi jendela. Ganti airnya dua hari sekali. Setelah tumbuh akar pada bagian bawahnya, tanaman kubis tersebut dapat dipindahkan pada pot atau wadah berisi tanah.

  • Cilantro dan seledri

Kedua tanaman herbal ini cukup mirip dan dapat ditanam kembali dengan cara yang sama. Anda hanya perlu meletakkan tangkai yang sudah tidak terpakai kedalam sebuah toples berisi air. Biarkan selama beberapa hari ditempat yang terkena cahaya. Saat akarnya mulai tumbuh tanaman bisa ditransplantasikan pada wadah media tanam yang telah disiapkan.

  • Daun Bawang

Daun bawang adalah jenis sayuran yang bisa ditanam dengan menggunakan air tanpa perlu memindahkannya dalam pot yang berisi tanah. Letakkan beberapa tangkai daun bawang yang masih memiliki pangkal dalam sebuah toples yang berisi air. Tempatkan toples tersebut pada ruang yang cukup terang misalnya disisi jendela.

  • Selada

Daun selada banyak digemari karena rasanya yang segar dan renyah. Harga selada cukup mahal dipasaran jadi jika Anda ingin lebih hemat, Anda bisa menanamnya kembali dengan teknik yang cukup mudah. Letakkan potongan selada dalam sebuah mangkuk, pastikan potongan selada tersebut masih ada bagian tengah dan pangkal batangnya. Ganti airnya dua hari sekali dan letakkan dalam ruang yang cukup sinar matahari. Setelah akarnya sudah tumbuh, tanaman bisa ditransplantasikan pada sebuah pot yang telah diisi dengan tanah.

Mudah bukan? Anda tidak perlu repot menanam tanaman sayur sendiri dirumah dan menghabiskan banyak biaya jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk merawat tanaman. Selain kelima sayuran tersebut ada beberapa jenis tanaman yang juga bisa ditumbuhkan kembali. Tanaman sayur seperti kangkung atau bayam mungkin juga bisa ditanam kembali tapi tentunya tidak lebih praktis daripada menanamnya dari benih karena bayam dan kangkung tergolong mudah ditanam dari benihnya. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *