5 Jenis Tanaman Hidroponik yang Memiliki Nilai Ekonomi Tinggi

5 Jenis Tanaman Hidroponik yang Memiliki Nilai Ekonomi Tinggi

Tanaman yang dibudidayakan dengan teknik hidroponik tidak boleh asal tanaman. Hidroponik yang memakai media tanam berbentuk air mengandung nutrisi hanya cocok buat tanaman yang memiliki waktu pendek untuk menjalani pertunasan atau pembuahan. Maka dari itu, tidak semua tanaman cocok bila dibudidayakan dengan teknik hidroponik. Lalu apa saja jenis tanaman hidroponik bernilai ekonomi tinggi yang layak ditanam?

Bila Anda ingin memulai aktivitas hidroponik di dalam atau halaman rumah, maka pilihlah terlebih dulu apa yang hendak ditanam dan dipanen kelak. Untuk mempermudahkannya, Anda mesti mengenali terlebih dulu jenis tanaman hidroponik yang memiliki nilai ekonomi tinggi seperti paprika, tomat, timun jepang, terong jepang, selada dan seledri sehingga suatu waktu dapat dijadikan hobi yang menguntungkan.

 

Berikut 5 jenis tanaman hidroponik yang memiliki nilai ekonomi tinggi diantaranya:

Paprika

5 Jenis Tanaman Hidroponik yang Memiliki Nilai Ekonomi Tinggi - Paprika

Paprika adalah tanaman hortikultura dari jenis sayuran yang cepat dan gampang menjalani pertumbuhan. Di Indonesia, paprika cuma disantap oleh sebagian orang saja. Paprika umumnya dimanfaatkan untuk menyedapkan rasa makanan atau bahan utama pada berbagai masakan luar negeri berbasiskan sayuran.

Paprika diduga selaku jenis tanaman hidroponik yang memiliki nilai ekonomi tinggi disebabkan dapat mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti jantung dan kanker. Disamping itu, paprika pun berguna untuk kesehatan, seperti mencegah radikal bebas, melindungi metabolisme tubuh, dan memelihara daya tahan tubuh.

Tomat

5 Jenis Tanaman Hidroponik yang Memiliki Nilai Ekonomi Tinggi - Tomat

Tanaman sayuran yang satu ini dapat ditanam dengan gampang memakai teknik hidroponik. Untuk menanam tomat dengan cara hidroponik, langkah awal yang penting diperhatikan ialah memilih bibit tomat yang terbaik. Bibit tomat dapat diperoleh di toko-toko pertanian. Agar hasil panen lebih optimal belilah bibit unggul. Anda harus melakukan penyemaian pada benih tomat yang tadi telah dibeli. Gunakanlah media tanam seperti serbuk sabut kelapa dan berikanlah perawatan yang rutin sampai umurnya nyaris 1 bulan dan siap untuk ditanamkan.

Timun Jepang

5 Jenis Tanaman Hidroponik yang Memiliki Nilai Ekonomi Tinggi - Timun Jepang

Timun Jepang (Zucchini atau Kyuri) adalah sayuran yang memiliki bentuk panjang dengan warnanya hijau seperti terong. Timun Jepang tergolong jenis sayuran hidroponik yang agak sukar didapat, umumnya hanya terdapat di supermarket kota-kota besar. Tetapi dengan ditemukannya teknik bertanam hidroponik, jadi sekarang kita dapat dengan mudahnya mendapatkan timun Jepang, malahan menanamnya sendiri di halaman rumah. Pemeliharaan yang tepat dan rutin akan menghasilkan panen yang optimal.

Selada

5 Jenis Tanaman Hidroponik yang Memiliki Nilai Ekonomi Tinggi - Selada

Di Indonesia, daun selada umumnya ditemui sebagai lalapan sayur untuk hidangan pecel lele,  ayam goreng dsb. Mengkonsumsi selada dengan rutin akan berpengaruh baik pada kesehatan tubuh kita. Selada yang dikelompokan ke dalam jenis tanaman hidroponik yang memiliki nilai ekonomi tinggi ini tercatat sudah ditanam pada lebih dari 300 ribu h.a. lahan dan menghasilkan 3 juta ton selada setiap tahunnya.

Seledri

5 Jenis Tanaman Hidroponik yang Memiliki Nilai Ekonomi Tinggi - Seledri

Seledri nyaris terdapat di tiap-tiap dapur rumah keluarga. Daun seledri yang menghasilkan aroma demikian khas itu kerap dimanfaatkan untuk penyedap masakan berkuah. Sering juga seledri ditaburkan untuk bahan pemercantik hidangan. Walaupun ukuran seledri termasuk kecil, namun manfaat dan kandungan yang dipunyainya sangatlah banyak. Seledri tergolong tanaman yang dapat dibudidayakan secara hidroponik

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *