10 Alasan Menanam Tanaman Dengan Teknik Vertical Garden

10 Alasan Menanam Tanaman Dengan Teknik Vertical Garden

Urbanina.com – Dewasa ini banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat lingkungan terlihat lebih hijau. Tidak hanya menanam tanaman secara konvensional, banyak metode yang bisa digunakan mulai dari sistem hidroponik, organik, aquaponik, indoor gardening, vertical gardening dan lain sebagainya. Sering kita mendengar istilah vertical gardening dan mungkin kita juga sering bertanya-tanya mengapa sistem ini layak digunakan meskipun terlihat sulit untuk membangun perangkatnya dan dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Jika Anda memerlukan alasan untuk mulai menanam tanaman dengan menggunakan teknik vertical garden, alasan dibawah ini mungkin cukup untuk memotivasi Anda terutama jika Anda tinggal dilingkungan perkotaan dan hanya memiliki sedikit lahan untuk bercocok tanam.

vertical garden

  • Memaksimalkan ruang tanam. Taman certikal memungkinkan anda menyusun tanaman dengan arah vertikal sehingga akan menghemat lebih banyak ruang. Ada banyak cara untuk membangun perangkat vertical garden yakni dengan menanamnya di dinding, membangung perangkat dari kayu, dengan menggunakan menara tanaman dan lain sebagainya.
  • Mempercantik halaman dan ruang. Bayangkan jika Anda bisa menanam tanaman dengan cara ini, dinding ruangan Anda akan terlihat lebih menarik. Selain dinding, Anda juga bisa meletakkan tanaman pada gerbang pintu masuk maupun pada pagar rumah.
  • Meningkatkan privasi. Tanaman yang disusun secara vertikal bisa menjadi alternative membangun pagar rumah tanpa menggunakan dinding. Hal ini bisa dilakukan jika tanaman ditanam menggunakan panel atau perangkat lain yang bisa digunakan untuk meletakkan tanaman. Pagar tanaman vertikal tersebut tentunya akan melindungi halaman rumah Anda dan meningkatkan privasi seseorang yang tinggal didalamnya.
  • Tanaman tumbuh lebih sehat. Karena tanaman mendapatkan cukup ruang dan sirkulasi udara yang lebih baik saat ditanam secara vertikal maka tanaman bisa tumbuh dengan lebih baik dan lebih sehat.
  • Udara lebih segar. Tanaman yang ditanam pada taman vertikal dapat menyerap polusi udara dan menghasilkan oksigen. Udara yang jernih tersebut tentunya akan membuat Anda dan keluarga akan lebih sehat.
  • Meningkatkan jumlah tanaman. Jika Anda kekurangan lahan untuk menanam tanaman dengan jumlah yang lebih banyak maka vertical garden bisa menjadi solusinya. Karena ditanam tersusun bertingkat maka akan lebih banyak tanaman yang bisa ditanam dalam luas lahan yang sama.
  • Hasil panen yang lebih banyak. Selain menanam tanaman hias, Anda juga bisa menanam tanaman pangan termasuk sayuran dan buah-buahan dalam taman vertikal. Karena jumlah tanaman yang ditanam pada taman vertikal lebih banyak dibandingkan dengan jumlah tanaman yang ditanam secara konvensional maka hasil panen yang diperolehpun akan lebih banyak.
  • Membuat suasana perkotaan lebih hijau. Masyarakat kota mungkin jenuh melihat dinding bangunan dan jalanan yang itu-itu saja. Menciptakan suatu vertical garden diarea perkotaan bisa membuat pandangan lebih sejuk dan bisa menghilangkan penat setelah beraktifitas sehari-hari.
  • Mengurangi panas berlebihan. Cuaca saat ini tidak menentu dan suhu diperkotaan cendrung sangat panas. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Cambridge University menyebutkan bahwa sebuah lapisan panel vertical garden mampu mengurangi panas di udara hingga 25%.
  • Meningkatkan kreatifitas

Siapa bilang menyusun sebuah taman tidak membutuhkan kreatifitas? Berkebun bisa menjadi hobi yang menyenangkan dan mengkombinasikan tanaman dalam suatu vertical garden adalah suatu hal yang akan meningkatkan kreatifitas seseorang. Dalam taman yang disusun vertikal ini berbagai tanaman hias bisa ditanam dan dikombinasikan sesuai warna yang diinginkan.

Jadi apa Anda masih butuh alasan untuk tidak menanam tanaman dan menciptakan vertical garden Anda sendiri?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *