Tiga Kelebihan Sistem Aquaponik Dibandingkan Dengan Sistem Hidroponik

Tiga Kelebihan Sistem Aquaponik Dibandingkan Dengan Sistem Hidroponik

Urbanina.com – Sistem aquaponik adalah suatu cara yang unik dalam membudidayakan tanaman yang memungkinkan seseorang membuat suatu kebun dengan inovasi dan modifikasi sesuai dengan tujuan budidaya. Sistem aquaponik sendiri adalah suatu sistem yang menggunakan kotoran ikan yang dibudidayakan sebagai sumber nutrisi bagi tanaman yang dibudidayakan pada lahan dan di tempat yang sama. Dengan kata lain aquaponik menggunakan air sebagai media pelarut nutrisi sama seperti hidroponik akan tetapi nutrisi yang diperoleh tanaman tidak berasal dari nutrisi yang sengaja ditambahkan seperti pupuk pada hidroponik melainkan berasal dari sisa makanan atau kotoran ikan yang dibudidayakan pada kolam penampung air. Berikut ini adalah 3 alasan mengapa kelebihan sistem aquaponik lebih baik dibandingkan dengan sistem tanam hidroponik

kelebihan sistem aquaponik

  1. Nutrisi Tanaman tetap Terjaga Secara Otomatis

 

Kelebihan sistem Aquaponik yang pertama ialah nutrisi tanaman tetap terjaga secara otomatis. Aquaponik adalah suatu sistem dengan nutrisi yang tersirkulasi dengan sendirinya dan tidak seperti hidroponik dimana nutrisi harus ditambahkan sendiri oleh petani pada air yang digunakan pada sistem tersebut. Dalam menanam tanaman dengan sistem aquaponik petani hanya perlu memperhatikan pertumbuhan tanaman dan perangkat yang dibutuhkan tanpa harus memperhatikan kadar nutrisi yang diperlukan oleh tanaman. Dengan kata lain sistem aquaponic lebih hemat dibandingkan dengan sistem hidroponik karena dalam sistem akuaponik petani tidak perlu menggunakan nutrisi sebagaimana yang di perlukan dalam metode tanam hidroponik. Di sisi lain sistem tanam hidroponik memerlukan perawatan yang lebih rumit dibandingkan dengan sistem akuaponik karena petani atau pembudidaya harus selalu mengecek kadar nutrisi terlarut dalam air dan menambahkan nutrisi jika kadarnya berkurang sementara pada sistem akuaponik petani tidak perlu khawatir akan pasokan nutrisi karena nutrisi tersebut akan selalu tersedia dari kotoran dan sisa makanan ikan yang diberikan setiap hari.

 

  1. Menghasilkan panen ganda

 

Kelebihan sistem Aquaponik yang  kedua adalah mengahasilkan panen ganda. Sistem aquaponik menghasilkan tidak hanya tanaman sayur yang dapat dikonsumsi oleh keluarga melainkan juga menghasilkan sumber protein yang tidak dihasilkan oleh sistem tanam hidroponik. Sistem aquaponik dikatakan sebagai suatu sistem mutualisme antara tanaman dan ikan karena ikan mendapatkan air bersih yang telah terfilter oleh tanaman sementara tanaman mendapatkan nutrisi yang dihasilkan oleh ikan. Bisa dikatakan bahwa hasil yang didapat dari sistem tanam aquaponik akan lebih menguntungkan dari pada sistem tanam hidroponik pada umumnya. Meskipun keduanya dapat menghasilkan hasil panen yang lebih besar daripada sistem tanam konvensional, system aquaponik dapat menghasilkan lebih banyak hasil tanaman seperti tomat, selada,  dan sayuran hijau lainnya dibandingkan dengan sistem tanam hidroponik karena secara alami sistem aquaponik menyediakan nitrogen dengan kadar yang lebih tinggi dibandingkan dengan tanaman yang ditanam dengan metode hidroponik.

 

  1. Perangkat yang dibutuhkan lebih sederhana

 

Kelebihan sistem Aquaponik yang ketiga adalah pada perangkatnya. Sistem aquaponic membutuhkan lebih sedikit perangkat dan bahan yang dibutuhkan dalam membangun sistem tersebut dibandingkan dengan sistem hidroponik dalam hal ini termasuk peralatan, pupuk dan pengorganisasian perangkat yang dibutuhkan dalam berkebun. Biaya yang dibutuhkan dalam membangun sistem akuaponik lebih hemat dibandingkan sistem hidroponik pada umumnya namun tentunya jika dibandingkan dengan model dan metode yang sama.

Meskipun kedua sistem memiliki kelebihan dan kekurangan satu sama lain kedua sistem ini dapat digunakan untuk memproduksi tanaman sepanjang tahun jika dibangun dengan perangkat yang tepat. Dari penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa sistem aquaponik bekerja dengan konsep yang sangat sederhana di mana petani hanya perlu memberi makan ikan dan ikan yang akan memberikan nutrisi pada tanaman. Sementara pada sistem hidroponik petani harus memperhitungkan segala sesuatu terutama nutrisi yang akan diberikan pada tanaman dengan kadar yang tepat dan nutrisi yang terlarut dalam air harus selalu dicek kadarnya. Pemilihan metode dan sistem tanam yang sesuai tentunya harus berdasarkan beberapa pertimbangan. Selamat berkebun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *