Teknologi Aquaponik Pintar Pertama Di Dunia

Teknologi Aquaponik Pintar Pertama Di Dunia

Urbanina.com – Zaman semakin maju dan manusia berusaha untuk mengembangkan teknologi tersebut disegala bidang termasuk dalam metode budidaya tanaman atau pertanian. Berbagai teknologi modern kini diaplikasikan pada sistem tanam tumbuhan untuk memenuhi kebutuhan manusia sekaligus menjaga ketersediaan makanan. Ada banyak teknologi pertanian yang banyak kita temui saat ini termasuk metode tanam hidroponik dan aquaponik. Meskipun kedua metode pertanian tersebut sudah dipraktekkan sejak zaman dahulu, diabad ini manusia tentu menggunakan teknologi yang berbeda dengan pertanian dikala itu.

aquaponik

Mungkin bagi sebagian orang berpikir, membuat kebun sendiri dirumah akan sangat merepotkan terutama jika menggunakan metode Aquaponik. Sebagian orang yang melakukan aktifitas berkebun atau memiliki hobi berkebun mungkin juga akan malas memelihara ikan sekaligus menanam tanaman karena selain merawat tanaman mereka juga harus merawat ikan yang menjadi pemasok nutrisi tanaman. Biasanya alasan yang muncul adalah malas membersihkan tangki dimana ikan diletakkan.

Mengapa Aquaponik?

Terlepas dari semua hal tersebut, aquaponik layak mendapat perhatian bagi Anda yang hobi berkebun karena sistem ini bisa menjadi salah satu metode pertanian organik skala kecil yang bisa Anda simpan dalam ruangan dan tentu bisa sekaligus menghias ruangan. Bayangakan jika Anda bisa menanam tanaman diatas akuarium ikan hias Anda. Hal inilah yang kemudian menginspirasi para ilmuwan untuk membangun suatu sistem aquaponik pintar yang bisa mengatasi masalah dan memberikan nutrisi pada Anda yang hobi berkebun.

Teknologi InnoGro

Baru-baru ini sebuah teknologi aquaponik  pintar berhasil dikembangkan oleh suatu perusahaan di Amerika. Teknologi yang menggunakan konsep aquaponik dengan basis aplikasi android dan ios ini disebut dengan teknologi InnoGro. Saat ini beberapa pihak mengklaim bahwa Innogro merupakan suatu alat yang sangat berguna terutama bagi mereka yang suka berkebun tapi malas membersihkan tangki aquarium dan lain sebagainya. innoGro memungkinkan seseorang menanam tumbuhan bahkan diruangan yang sempit sekalipun.

Tangki innoGro dibuat dengan beberapa jenis ukuran dan mampu menampung hingga 10 galon air. Meskipun alat ini belum bisa mengakomodasi tanaman dalam jumlah besar tapi setidaknya alat ini dapat membantu menanam beberapa jenis sayur atau tanaman herbal yang biasa digunakan di dapur. Perusahaan perakit InnoGro sendiri menyebutkan bahwa dengan menanam tanaman menggunakan alat ini, seseorang bisa menghemat pengeluaran hingga 25 USD atau setara dengan 300ribu lebih setiap bulannya.

Apa saja fitur InnoGro?

Sistem dalam peralatan innogro trediri dari akuarium dan sebuah wadah media tanam dibagian atas. Alat ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang bisa dikendalikan lewat suatu aplikasi yang terpasang dalam ponsel atau smartphone, baik dengan android maupun ios. Beberapa fitur yang bisa dikontrol menggunakan smartphone diantaranya adalah intensitas cahaya, suhu, irigasi, sistem pembersih tangki otomatis dan lain sebaginya. Cahaya yang dibutuhkan oleh tanaman juga tersedia pada alat tersebut dan disetting pada bagian atas wadah media tanam. Dengan kata lain sistem ini akan sangat membantu seseorang untuk membuat kebun skala kecil di rumah dengan cara yang lebih mudah dan lebih efisien.

Saat ini produk Innogro hanya dipasarkan di Negara asalnya yakni Amerika SErikat dan dibandrol dengan harga 379 USD atau sekitar 6jutaan. Bayangkan jika setiap orang dimasa depan memiliki sistem atau teknologi ini maka mereka tidak perlu lagi repot-repot membeli sayuran yang akan kita sajikan dalam bentuk salad datau masakan lainnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *