Jenis Tanaman Herbal yang Cocok Ditanam Dengan Sistem Aquaponik

Jenis Tanaman Herbal yang Cocok Ditanam Dengan Sistem Aquaponik

Urbanina.com – Sistem aquaponik memang banyak disenangi oleh masyarakat karena sistem ini menawarkan hasil yang cukup maksimal dimana petani maupun pembudidaya dapat memanen tanaman dan ikan sekaligus dalam satu waktu secara lebih efisien dan lebih hemat. Sistem ini juga dapat digunakan untuk menanam berbagai jenis tanaman mulai dari tanaman sayur buah-buahan hingga tanaman herbal. Tanaman herbal atau yang juga dikenal dengan tanaman obat adalah tanaman yang memiliki efek positif dan membantu menyembuhkan beberapa macam penyakit. Dalam sistem aquaponik tanaman herbal yang biasa dibudidayakan adalah tanaman herbal yang digunakan bagian daun atau batang nya karena tanaman herbal yang memiliki umbi atau akar cukup sulit ditanam dengan sistem aquaponik. Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman herbal yang sering digunakan saat memasak ataupun dikonsumsi secara langsung yang dapat ditanam dengan metode aquaponik

sistem aquaponik

  1. Cillantro

 

Cilantro adalah salah satu tanaman herbal yang masih satu famili dengan tanaman seledri. Tidak hanya enak dikonsumsi tanaman ini juga cocok digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pada pencernaan seperti mual dan sembelit.  Tanaman herbal Ini mengandung potasium yang dapat menjaga tekanan darah normal dalam tubuh serta rendah kalori sehingga cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet. Cilantro juga kaya akan fitonutrien yang dapat mencegah timbulnya penyakit kanker dan diabetes.  Cilantro sangat cocok ditanam pada media aquaponik dengan sistem flood and drain atau teknik pasang surut.

 

  1. Kemangi

 

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini. Kemangi adalah salah satu tanaman herbal yang banyak digunakan dalam masakan ataupun dikonsumsi sebagai lalapan. Kemangi dapat mengatasi masalah flu,  sakit kepala,  mual, radang,  malaria,  keracunan dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Tanaman herbal ini dapat di tanam pada sistem aquaponik metode flood and drain atau pasang surut serta metode floating Raft atau rakit apung.

 

  1. Oregano

 

Mungkin Banyak masyarakat Indonesia yang belum familiar dengan tanaman herbal yang satu ini akan tetapi tanaman ini sangat dikenal oleh mereka yang hobi mengkonsumsi pasta atau makanan Italia. Oregano dapat dikonsumsi secara langsung maupun ditambahkan pada masakan dalam keadaan segar maupun kering. Daunnya dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit flu demam infeksi virus,  gangguan pencernaan,  mengatasi nyeri dan infeksi pernafasan. Oregano juga kaya akan antioksidan dan senyawa fitonutrien yang dapat mengurangi efek radikal bebas serta mencegah penyakit kanker. Daun oregano yang direndam dalam air selama beberapa jam kemudian diminum airnya dapat mengatasi masalah nyeri pada saat menstruasi. Karena memiliki banyak manfaat tanaman ini dapat menjadi salah satu alternatif tanaman herbal untuk ditanam secara sistem aquaponik metode pasang surut. Harga jual oregano juga masih cukup tinggi di pasaran dan bibitnya dapat diperoleh di toko-toko yang menyediakan benih tanaman budidaya.

 

  1. Parsley

Parsley adalah salah satu tanaman herbal atau bumbu dapur yang juga dapat dibudidayakan dengan metode aquaponik flood and drain atau pasang surut dan rakit apung seperti tanaman herbal lainnya. Daun dan batang tanaman parsley mengandung zat besi vitamin A, B, dan C serta mineral yang bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu parsley dikenal sebagai obat herbal untuk meredakan mual dan kembung akibat gangguan pencernaan.

 

Itulah beberapa contoh tanaman herbal yang dapat dibudidayakan secara aquaponik baik untuk konsumsi pribadi maupun untuk tujuan komersial karena harga jual tanaman herbal tersebut cukup tinggi di pasaran dan dapat membawa keuntungan bagi penanamnya. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *