Peralatan yang dibutuhkan pada Sistem Akuaponik

Peralatan yang dibutuhkan pada Sistem Akuaponik

Urbanina.com – Sistem akuaponik dikenal sebagai tanam yang menggabungkan sistem akuakultur atau budidaya ikan dengan sistem hidroponik yang digunakan untuk membudidayakan tanaman. Sistem ini memiliki berbagai manfaat dan kelebihan sehingga banyak menarik perhatian para petani. Selain mudah diaplikasikan oleh para petani, sistem ini juga efisien dalam menghemat lahan dan air yang digunakan. Tidak hanya itu, petani atau pembudidaya ikan dan tanaman tidak perlu membeli nutrisi yang digunakan untuk menanam tanaman secara hidroponik karena tanaman yang ditanam dalam sistem ini dapat memperoleh nutrisi dari air yang mengandung kotoran atau sisa makanan ikan yang ada pada kolam. Kotoran tersebut dapat meracuni dan mencemari air tempat tumbuh ikan sehingga tanaman yang ditanam pada bagian atasnya akan berfungsi sebagai filter atau penyaring racun sisa kotoran tersebut.

Sebelum mulai menrangkai dan menggunakan sistem ini sebaiknya ketahui terlebuh dahulu alat dan bahan yang biasa digunakan dalam sistem akuaponik. Adapun alat dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan sistem tersebut antara lain :

  1. Bibit Ikan

Pada sistem akuaponik bibit ikan adalah salah satu bahan yang dibutuhkan karena nantinya ikan ini dibudidayakan sebagai sumber protein hewani yang kotoran atau sisanya akan dimanfaatkan oleh tanaman. Bibit ikan yang dipilih haruslah bermutu baik dan disesuaikan dengan kondisi air dan lingkungan tempat budidaya. Perhatikan dengan baik dan pelajari bagaimana cara memilih bibit ikan dengan kualitas yang unggul.

  1. Bibit tanaman

Bibit tanaman pada sistem akuaponik tidak berbeda jauh dari bibit tanaman yang digunakan dalam sistem hidroponik. Sistem ini menggunakan bibit yang terlebih dahulu disemai pada suatu wadah dan dipindahkan ke perangkat atau sistem akuaponik setelah bibit tanaman tumbuh dan memiliki akar serta daun sejati. Pilihlah bibit tanaman dengan kualitas baik dan perhatikan cara penyemaiannya.

  1. Media tanam dan wadah Tanam

Pada sistem akuaponik dibutuhkan perangkat yang terseusun secara baik. Biasanya tanaman akan ditanam diatas kolam atau wadah penampung air. Wadah tanaman yang biasa digunakan dalam sistem akuaponik adalah netpot atau bisa juga diganti dengan botol atau gelas bekas air mineral yang sudah dilubangi. Wadah tanaman tersebut nantinya akan diletakkan pada pipa PVC yang sebelumnya sudah dirancang diatas kolam ikan dan dilubangi. Sedangkan media tanam yang dapat digunakan untuk menyangga tanaman pada metode akuaponik ini sama dengan media tanam hidroponik antara lain rockwool, kerikil, hydroton dan lain sebagainya.

  1. Wadah pemeliharaan ikan

Wadah pemeliharaan ikan atau kolam ikan adalah satu hal yang penting dalam sistem akuaponik. Kolam ini digunakan untuk menampung ikan sekaligus air yang nantinya akan dialirkan pada tanaman. Kolam atau wadah pemeliharaan ikan dapat dibangun sesuai dengan luas lahan dan kondisi lingkungan. Kolam ini juga akan mempengaruhi panjang pipa PVC atau wadah tanaman yang akan digunakan untuk budidaya hidroponik.

  1. Suplemen ikan dan kolam

Meskipun tanaman yang tumbuh dalam metode atau sistem tanam akuaponik ini tidak memerlukan pupuk atau nutrisi seperti pada sistem atau metode tanam hidroponik, suplemen ikan dapat diberikan untuk menambah nutrisinya dan juga untuk meningkatkan kualitas ikan yang dibudidayakan. dan suplemen kolam untuk meningkatkan kualitas air pada kolam agar pertumbuhan ikan maksimal.

  1. Aerator dan Pompa

Untuk mengalirkan air dan nutrisi terlarut pada kolam ikan dibutuhkan pompa jet pump. Air yang dipompa ke pipa bagian atas kolam akan mengaliri pipa dan menyentuh akar tanaman sehingga tanaman dapat memperoleh nutrisi dan sekaligus menyaring kotoran pada air sehingga air dapat dikembalikan ke lkolam dengan keadaan bersih. Sementara itu aerator berfungsi untuk menambah kadar oksigen dalam air yang digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan ikan.

  1. Timer

Untuk mengatur sirkulasi air pada tanaman dan kolam ikan, petani biasanya akan membutuhkan timer yang mengontrol kapan air akan dialirkan untuk disaring dan memberikan nutrisi pada tanaman.

Demikian alat dan bahan yang biasa digunakan dalam sistem akuaponik, sistem itu dapat dengan mudah dirakit dan tentunya alat dan bahan tersebut tidaklah sulit untuk diperoleh.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *