Jenis Tanaman Yang Paling Mudah Ditanam Dengan Metode Aquaponik

Jenis Tanaman Yang Paling Mudah Ditanam Dengan Metode Aquaponik

Urbanina.com – Jenis tanaman apa yang paling mudah ditanam dengan metode aquaponik? Saat anda akan memulai menanam tanaman dengan metode aquaponik maka mungkin anda akan bertanya tanaman apa yang seharusnya ditanam atau tanaman apa yang paling mudah ditanam oleh para pemula. Sistem aquaponik sendiri adalah suatu sistem tanam yang menggabungkan antara metode tanam hidroponik atau metode tanam tanpa menggunakan tanah dengan budidaya ikan air tawar atau akuakultur.  Tidak hanya jenis ikan air tawar seperti lele, gurame dan nila saja yang dapat di budidayakan dengan metode aquaponik melainkan beberapa jenis hewan air tawar lain seperti lobster air tawar, Sidat, belut dan lain sebagainya juga dapat dibudidayakan dengan metode ini. Dengan kata lain sistem aquaponik merupakan ekosistem buatan yang merupakan simbiosis mutualisme dari hewan dan tanaman. Ikan yang dibudidayakan dalam sistem akuaponik akan mensuplai nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman sementara tanaman dan medianya akan membersihkan atau memfilter air yang ter sirkulasi di dalam sistem sehingga dapat kembali ke kolam dalam keadaan yang bersih. Dalam sistem akuaponik digunakan media tanam yang berfungsi untuk memfilter air dan menambahkan nutrisi dan beberapa di antara media tanam tersebut dapat merupakan media tanam organik maupun anorganik.

jenis tanaman

Ada kurang lebih 300 tipe tanaman yang telah diuji coba dengan menggunakan sistem akuaponik kebanyakan tanaman yang dapat di budidayakan dengan sistem ini adalah sayuran berdaun hijau. Meskipun tanaman lain seperti tanaman umbi-umbian dan buah-buahan tetap dapat ditanam dengan metode ini hanya saja hasilnya kurang maksimal. Beberapa tanaman umbi yang tidak dapat tumbuh dengan sistem tanam aquaponik diantaranya adalah kentang, singkong, ubi, wortel, dan lain-lain. Sejauh ini tanaman yang tumbuh sukses dengan metode akuaponik adalah tanaman sayuran berdaun hijau atau tanaman yang menghasilkan buah yang tidak terlalu besar seperti tomat, cabai, mentimun dan lain sebagainya

Sebenarnya Mudah Saja mengetahui jenis tanaman yang dapat ditanam dengan metode aquaponik. Semua tanaman yang tumbuh subur di atas tanah dan memiliki perakaran yang menyukai kondisi tanah yang basah adalah jenis tanaman yang dapat dibudidayakan dengan metode ini. Beberapa sayuran atau tanaman yang sukses dibudidayakan dengan metode aquaponik diantaranya adalah selada, kangkung, mentimun, tomat, cabai, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa grup tanaman yang dapat ditanam dengan metode aquaponik cukup memuaskan

  • Sayuran Salad atau Salad Vegetable

Yang dimaksud dengan sayuran salad atau salad vegetable adalah segala jenis tanaman yang dapat dikonsumsi mentah seperti sahabat diantaranya selada tomat, bawang merah, bawang Bombay, cabai, dan lain sebagainya.

  • Sayuran berdaun hijau dan kubis

Hampir semua jenis sayuran berdaun hijau dapat ditanam dengan metode aquaponik diantaranya kangkung, bayam, sawi, dan sayuran dari keluarga kubis-kubisan seperti kol dan brokoli.

  • Tanaman herbal

Tanaman herbal yang biasa digunakan dalam pengobatan sekaligus masakan seperti basil, cilantro oregano, mint dan lainnya dapat ditanam dengan metode aquaponik sehingga menghasilkan tanaman yang bermutu lebih baik dan lebih sehat.

  • Tanaman hias

Tidak hanya tanaman sayur saja yang dapat ditanam dengan metode aquaponik melahirkan tanaman hias maupun tanaman bunga pun dapat ditanam dengan metode ini. Jenis tanaman bunga yang tumbuh dengan sangat baik pada metode ini adalah bunga mawar.

Memilih tanaman yang akan ditanam dengan metode aquaponik selain tergantung kepada selera dan tujuan budidaya. Meskipun demikian karakteristik dan sifat tanaman yang akan dibudidayakan harus dipertimbangkan sebelumnya karena hal itu akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Cuaca kondisi lingkungan dan faktor-faktor lainnya juga menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan sebelum  tanaman yang akan budidayakan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *