Cara Menanam Pakcoy Dengan Sistem Aquaponik

Urbanina.com - sistem aquaponik merupakan salah satu sistem bercocok tanam yang bisa anda coba di rumah. Para hobiis berkebun lah yang biasanya menggunakan berbagai sistem bercocok tanam, seperti sitem hidroponik, organik maupun aquaponik ini. Seperti apakah sistem aquaponik ini? Sistem aquaponik merupakan salah satu sistem bercocok tanam yang merupakan gabungan dari sistem organik dengan sistem hidroponik. Sistem aquaponik ini dirancang dengan starterkit dan sistem penanaman dari hidroponik, akan tetapi menggunakan pupuk dari organik. Sehingga, jadilah sistem penananaman baru yang bernama sistem aquaponik. Sistem aquaonik bisa anda gunakan untuk bertanam berbagai sayuran termasuk sayuran pakcoy. Berikut akan kami share mengenai cara menanam pakcoy dengan sistem aquaponik. aquaponik Kalau anda suka dengan menu bakso atau mie ayam, pasti anda sudah tidak asing lagi dengan sayuran yang bernama pakcoy. Iya, sayuran ini banyak digunakan salah satunya untuk menu mie ayam maupun bakso atau bahkan untuk menu masakan mie instan pada umumnya. Sayuran pakcoy ini merupakan salah satu sayuran yang mirip dengan berbagai sayuran lain seperti caisim maupun kailan. Akan tetapi, satu hal yang istimewa dari sayuran pakcoy adalah bentuk daunnya yang lebar sehingga sayuran ini tidak jarang disebut dengan nama sayur sawi sendok. Sayuran ini bisa ditanam di rumah dengan sistem aquaponik ini. Nah, untuk langkah-langkah cara menanam pakcoy dengan sistem aquaponik ini, berikut kami jelaskan satu per satu.
  • penyemaian benih
Pada penanaman aquaponik ini, langkah pertama yang dilakukan adalah langkah penyemaian benih. Gunakan rokwool dari sistem hidroponik untuk menyemai benih pakcoy, karena akan lebih mudah dalam prosesnya nanti. Pertama, basahi rockwool kemudian tiriskan hingga lembab dan kemudian buat lubang tanam di rockwool tersebut. Letakan benih pakcoy di lubang tanam yang telah disiapkan dan tunggu selama 1-3 hari, maka benih pakcoy akan segera pecah benih. Setelah pecah benih, benih harus segera dikenakan sinar matahari agar tanaman terhindar dari kutilang. Tanaman siap indah tanam setelah tumbuh daun sejati.
  • pindah tanam
Langkah kedua pada cara menenam pakcoy kali ini adalah pindah tanam. Dalam praktek kali ini, kita akan menggunakan sistem aquaponik dengan ikan lele. Oleh karena itu, selain menyiapkan sistem aquaponiknya kita juga harus menyiapkan bibit lele yang akan kita gunakan untuk sistem aquaponik kali ini. Menurut farmer kami, dalam volume air 90 liter, kita cukup menggunakan ikan lele sebanyak 30-40 ekor saja. Itu sudah cukup untuk menumbuhkan sayuran pakcoy kita. Sedangkan untuk media tanamnya, bisa menggunakan campuran cocopeat dan sekam bakar dengan perbandingan 1:1. Setelah sistem siap, kita bia langsung memindahkan tanaman pakcoy kecil yang sudah berdaun sejati bersamaan dengan rockwoolnya.
  • masa perawatan
Cara menanam pakcoy dengan sistem aquaponik tidak lepas dengan masa perawatan tanaman. Namun, langkah perawatan ini tidak lah rumit. Seperti pada sistem bercocok tanam hidroponik, kita juga perlu menambah air untuk ikan lele kita kalau persediaan air mulai menipis. Yang membedakan adalah kita harus memberi makan ikan setiap hari agar lele bisa cepat tumbuh dan lebih produktif menghasilkan nutrisi untuk tanaman pakcoy kita.
  • masa pemanenan
Masa panen pakcoy termasuk salah satu yang cepat karena dalam waktu 45 hari sudah bisa dipanen. Dengan kata lain, dalam waktu satu setengah bulan, anda sudah bisa menikmati hasil penanaman aquaponik anda. Sayuran aquaponik ini termasuk salah satu sayuran yang sehat karena dihasilkan tanpa pestisida berbahaya. Nah, bagi anda yang mau order benih pakcoy untuk bertanam aquaponik ini, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *