Bahan Untuk Aquaponik Yang Harus Dipersiapkan

Bahan Untuk Aquaponik Yang Harus Dipersiapkan

Urbanina.com – Aquaponik merupakan paduan dari  budidaya ikan yang disebut akuakultur dan budidaya sayuran/tanaman yang dikenal sebagai hidroponik dalam sebuah satu kesatuan sistem yang saling menguntungkan. Keberadaan ikan, tanaman dan bakteri menjadi unsur yang penting sekali sebab adanya ketiga unsur itu menghasilkan suatu hubungan yang saling menguntungkan (simbiosis muatualisme). Selain ketiga unsur utama itu, bahan untuk aquaponik lainnya perlu dipersiapkan jika Anda ingin mulai melakukan budidaya dengan teknik aquaponik.

Ada beberapa jenis/model aquaponik, mulai dari yang cukup sederhana hingga yang lebih kompleks seperti NFT, NFT tanpa greenhouse, aeroponik, drip irrigation, FHS, dan wick system. Ada beberapa bahan untuk aquaponik yang diperlukan pada semua jenis aquaponik, terlepas dari sistem aquaponik apa yang akan dibuat nanti. Ada beberapa variasi yang dapat digunakan pada setiap bahan itu, umumnya tegantung kepada besarnya biaya yang akan dianggarkan.

Bahan Untuk Aquaponik Yang Harus Dipersiapkan 2

Berikut ini adalah bahan untuk aquaponik yang perlu dipersiapkan.

Tanki Ikan

Anda bisa memanfaatkan drum bekas yang bebas dari bahan kimia berbahaya, kontainer, kolam, aquarium.

Wadah/Tempat Tanaman (Grow Bed)

Jenis grow bed ditentukan oleh sistem aquaponik yang akan dibuat, makanya putuskan terlebih dulu. Ada 3 macam sistem aquaponik yakni deep water (raft), NFT, dan media filled based. Anda bisa menggunakan ember plastik, pipa PVC, stereofoam, drum atau talang air, semuanya terkait pada sistem yang dipilih. Semua wadah tersebut mesti sanggup untuk media tanam atau menampung air dengan kedalaman kira-kira 15-30 cm.

Media Tanam

Media tanamnya tergantung pada jenis  sistem yang akan dibuat nanti. Aquaponik tidak memakai tanah sehingga dibutuhkan sesuatu untuk menopang tanaman supaya bisa tumbuh dengan baik dan bisa menyerap air bila memakai sistem media filled based.

Pompa Air

Pompa air diperlukan untuk sirkulasi air dari tanki ikan/kolam ke grow bed dan kembali lagi ke tempat ikan tersebut. Untuk membuat gelembung udara terkadang digunakan batu berongga (air stone) yang terhubung dengan pompa supaya menghasilkan suplai oksigen yang lebih baik.

Pipa/Selang plastik

Pipa diperlukan untuk menyalurkan air dan udara ke dalam sistem. Pompa air umumnya menggunakan pipa berukuran 1/2-1 inci, sedangkan untuk pompa udaranya umumnya menggunakan pipa berukuran 1/4-1/2 inci. Sebaiknya menggunakan pipa atau selang dengan warna gelap untuk mencegah tumbuhnya lumut yang akan mengganggu aliran udara atau air.

Timer

Beberapa sistem memerlukan timer untuk mengatur waktu pompa air tersebut beroperasi.

Bell siphon

Bell siphon merupakan sebuah alat yang bekerja secara otomatis agar air di wadah tanaman (grow bed) dapat secara otomatis mengalami pasang surut.

Tanaman

Beragam jenis tanaman bisa dipilih  untuk dibudidayakan pada sistem aquaponik seperti brokoli, strawberry, selada, bayam, kangkung, tanaman herbal, kentang, wortel dan lain sebagainya.

Ikan

Ikan meruapakan komponen utama dari proses yang menyebabkan sistem aquaponik bekerja. Berbagai jenis ikan hias bisa dipilih seperti ikan patin, gurame, lele, nila, mas atau koi. Penggunaan jenis ikan lokal sangat dianjurkan, sesuaikan juga dengan kondisi iklimnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *