6 Tanaman Aquaponik Yang Dapat Tumbuh Di Iklim Panas

6 Tanaman Aquaponik Yang Dapat Tumbuh Di Iklim Panas

Urbanina.com – Sistem aquaponik saat ini memang telah menjadi primadona di kalangan para petani karena memberikan keuntungan lebih dari sistem tanam konvensional maupun hidroponik. Sistem ini dapat dibangun  sesuai dengan kebutuhan dan sumber daya yang dimiliki serta  dapat menumbuhkan berbagai jenis tumbuhan. Sebelum membangun sistem aquaponik perhatikan terlebih dahulu tanaman aquaponik  apa yang akan ditanam dan pastikan tanaman tersebut sesuai dengan lingkungan tempat tinggal Anda. Hal ini disebabkan karena tanaman aquaponik dapat tumbuh dengan optimal jika memenuhi faktor-faktor pertumbuhan dan perkembangannya. Beberapa di antara faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman adalah intensitas cahaya matahari dan temperatur atau suhu lingkungan. Beberapa tanaman hanya dapat tumbuh pada iklim dan cuaca tertentu sehingga pemilihan tanaman juga harus didasarkan pada ketahanan tanaman terhadap iklim tempat tinggal.

tanaman aquaponik

Jika anda tinggal di tempat beriklim panas seperti di perkotaan maka mungkin anda akan bertanya-tanya jenis tanaman apa yang cocok ditanam dan disemai dengan cuaca dan iklim yang panas. Berikut ini adalah jenis tanaman aquaponik yang mudah beradaptasi dengan iklim panas dan dapat ditanam dengan metode aquaponik maupun hidroponik

  1. Selada

 

Selada adalah salah satu jenis tanaman sayur berdaun hijau yang dapat ditumbuhkan dari benihnya dan bertahan di iklim panas meskipun pertumbuhannya tidak sebaik apabila ditanam pada daerah beriklim sejuk atau dingin. Semua jenis atau varian selada dapat ditanam pada iklim panas pada umumnya dan tanaman aquaponik ini merupakan salah satu favorit bagi petani dikarenakan masa tumbuhnya yang cepat dan harganya yang cukup tinggi di pasaran. Tidak kurang dari 2 bulan Anda dapat memanen selada setiap hari apabila ditanam dengan sistem akuaponik.

 

  1. Kangkung

 

Sayuran berdaun hijau lain yang dapat dibudidayakan dengan sistem akuaponik dan tahan terhadap cuaca panas adalah kangkung. Sayuran yang satu ini cukup digemari oleh masyarakat karena memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Masyarakat juga terbiasa mengonsumsi kangkung sebagai makanan sehari-hari. Tidak hanya itu kangkung juga sangat mudah ditanam dengan metode aquaponik bahkan tanpa melalui proses penyemaian terlebih dahulu.

 

  1. Bok coy

 

Sawi atau bokchoy adalah salah satu tanaman yang juga dapat bertahan ditanam pada iklim aquaponik. Bok Choi memiliki rasa dan tekstur yang padat dan renyah serta mengandung berbagai jenis zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

 

  1. Kemangi dan basil

 

Tanaman lainnya yang dapat ditanam dengan metode aquaponik dan bertahan pada iklim panas adalah kemangi atau basil. Tanaman aquaponik jenis ini banyak digunakan pada masakan dan mengandung banyak manfaat bagi tubuh sehingga membudidayakan basil atau kemangi dengan sistem aquaponik juga cukup menguntungkan.

 

  1. Tomat

 

Tidak hanya tanaman sayuran berdaun hijau saja yang dapat ditanam dengan menggunakan sistem aquaponik dan bertahan iklim yang panas melainkan sayuran yang berbuah seperti tomat pun sangat cocok ditanam di area dengan iklim yang cukup panas. Meskipun demikian menumbuhkan tomat dengan sistem aquaponik memiliki tingkat perawatan yang lebih intensif dibandingkan dengan menanam sayuran berdaun hijau pada umumnya.

 

  1. Cabai

 

Tanaman lainnya yang dapat ditanam dengan metode aquaponik dan menghasilkan buah adalah cabai. Tanaman cabai dapat dengan mudah ditanam dan tumbuh pada iklim yang cukup panas dan ini atau bibit yang diperlukan untuk menanam cabai dapat dengan mudah diperoleh. Bibit tanaman cabai dapat diperoleh dengan menyemai biji yang berasal dari cabai segar,  selanjutnya jika bibit sudah tumbuh, bibit dapat dipindahkan pada media tanam aquaponik yang telah dipersiapkan sebelumnya.

 

Semoga bermanfaat

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *